Menambah Service Hotspot di Cafe / Food Court

Saat ini banyak Cafe ,Food Court, Hotel, Rumah Sakit dan tempat-tempat umum menyediakan fasilitas HotSpot internet dan terutama gratis tak terbatas.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pengunjung dan pengguna, namun penyedia layanan hotspot tersebut seperti pemilik cafe, food court, hotel, rumah sakit dan tempat-tempat umum tersebut tetap harus memikirkan bagaimana caranya agar biaya hotspot internet yang gratis tersebut tetap dapat tersedia dengan budget yang minimal di sediakan oleh pihak pengelola.

Dan biasanya pihak pengelola mengakalinya dengan melakukan mark up pada harga barang yang di jual, seperti misalnya di Cafe harga minuman sudah di mark up untuk menutupi biaya HotSpot internet yang gratis tersebut. sama hal nya dengan Food Court.

Namun bagaimana dengan Hotel, Mall dan tempat lainnya yang tidak mengharuskan pengunjungnya berbelanja untuk duduk di sekitar area hotspot dan berinternet ria secara gratis.

Tentunya hal ini merugikan pengelola, karena fasilitas internetnya digunakan oleh pihak yang kurang mengena untuk target pengelola tersebut.

Nah solusinya, tentu dibuat Free namun tetap menggunakan Login dengan user dan password untuk dapat menggunakan fasilitas hotspot yang disediakan. Dengan demikian calon pengguna akan segan untuk meminta/ menanyakan userid dan password bila tidak melakukan transaksi apapun di lokasi.

Namun hal ini tentu memberi beban biaya baru bagi pengelola hotspot tersebut seperti biaya sistem login hotspotnya dan biaya maintenance serta listrik bulanannya. Belum lagi trouble yang akan ada nantinya.

Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan, walaupun menggunakan jasa sistem hotspot billing yang berbayar, pihak pengelola lebih akan diuntungkan dengan bebrbagai pilihan solusi yang ada. Misalnya saja solusi dari Indohotspot.net. Dengan menggunakan solusi dari indohotspot.net maka pihak pengelola akan lebih mudah mengelola hotspot sistemnya.
Karena dengan sebuah router wireless tipe linksys wrt54-GL , maka hotspot dapat tersedia untuk semua user/pengunjung dan sudah diberi sistem login untuk dapat menggunakan fasilitas hotspot tersebut.
Ya..tanpa server lagi, karena sistemnya menggunakan router linksys dan semua user id dikelola oleh pihak Indohotspot.
Hal ini juga menghemat biaya operasional yang ada karena daya yang digunakan lebih kecil dari sebuah PC server.

Kemudian apa yang bisa diambil untuk keuntungan pengelola hotspot tanpa mengorbankan pengguna layanan HotSpot gratis ? Tentunya pihak pengelola membayar untuk sistem tersebut , dan tetap dari fasilitas hotspot yang disediakan pengelola dapat menarik bayaran dari penggunanya. Bagaimana caranya?
Misalnya saja dengan membedakan tipe service dari hotspot yang tersedia. Dengan membagi tipe layanan hotspot yang ada yaitu :

  • HotSpot Gratis dengan kecepatan 64 Kbps
  • HotSpot berbayar dengan kecepatan 256 Kbps

Dengan layanan dari indohotspot.net , hal tersebut dimungkinkan dan dengan mudah dapat diimplementasikan oleh pihak pengelola. Dengan membedakan kecepatan yang didapatkan oleh pengguna hotspot, tentunya layak jika di tarik bayaran untuk fasilitas lebih yang diberikan.

Tentunya bagi pengguna layanan HotSpot internet yang ingin mendapatkan kecepatan yang lebih, apalagi pelanngan tetap dilokasi, tentu dapat memilih apakah hendak menggunakan layanan yang berbayar atau gratis dengan perbedaan kecepatan tersebut. Dan tentu lebih banyak pilihan untuk para pengguna hotspot yang ada.

Masih banyak hal lain yang bisa dikembangkan untuk keuntungan bersama dan menarik pengunjung dari adanya layanan fasilitas HotSpot internet, apalagi dengan embel-embel GRATIS!!!

    Tinggalkan komentar

    Filed under HotSpot Wifi

    Tinggalkan komentar